Skip to content →

Resetter Printer Epson

Printer Epson pada semua tipe, memiliki sensor untuk menghitung berapa jumlah kertas yang telah tercetak dan hal ini akan terus diakumulasikan hingga mencapai batas yang telah ditetapkan oleh Epson. Apabila batas tersebut telah tercapai maka akan terjadi overload dengan ciri-ciri lampu akan berkedip bergantian (merah-kuning, atau hijau-oranye) kejadian ini disebut dengan Blinking. *boso opo to mub…mub… :lol: *

Sebenarnya Blinking maupun waste ink (*opo meneh iku… :lol: *) sebagai counter/penghitung dimana kegunaan counter ini adalah untuk prepare jangan sampai limbah tinta di dalam printernya melebihi kapasitas busa/padnya (waste pad) sehingga kepenuhan dan luber, kalau sudah luber malah kotor khan… 8) dan bisa merembet ke part utowo bagian yang lain. Kalau anda memperhatikan modifikasi printer Epson dengan menggunakan tinta infus, selalu dipasang botol kosong dibelakang body printer tersebut. Mengapa? (Hayo… da yg tau pa tidak… mungkin da botol di belakang body itu buwat buwang hajat, kencing, air seni, idu alias ludah dll. ih… jgn jorog dong… itu khan d’ printer :cry: ).

Langsung ku jawab aja biar g’ penasaran yach… 8) . Hal itu dilakukan agar tidak terjadi blinking dan tinta yang dibuang pada saat pertama printer dinyalakan ataupun pada saat proses cleaning tidak memenuhi busa panampungan. Untuk melakukan reset terhadap akumulasi yang dilakukan Epson, dapat dilakukan dengan cara yang mudah dengan menggunakan general toolnya Epson. Dan ini dapat dilakukan dengan satu software yang dapat menangani beberapa tipe printer Epson berikut ini: Epson Stylus Color 400 s/d 3000, Epson Stylus Pro, C20 s/d C86, CX 3100 s/d 6600, Rx420 s/d Rx620, Epson Stylus Photo, EX, R200 – R1800, unsupported Model, juga untuk model lama.

Instalasi SSC Utility

Masukkan CD Printer Utility, tunggulah beberapa saat hingga keluar tampilan pada jendela windows. Bila anda tidak mendapati tampilan secara otomatis, maka lakukan dengan cara manual, yaitu buka windows explorer kemudian pada direktori cd rom anda eksekusilah *jo, sadis-sadis mub… 8-O *  file Service.exe dengan melakukan 2x klik.

Klik All Epson Waste Ink Tools Setup setelah muncul dialog box setup, pilihlah Yes, kemudian ikutilah langkah berikutnya dengan memilih accept the agreement kemudian Next hingga Finish. Penggunaan SSC Utility stelah SCC utility berhasil diinstal akan tampil icon Printer SC Service Utility pada dekstop, klik dua kali maka akan muncul tampilan ada Configuration pastikan Install Printers dan Printer Model sesuai dengan jenis printer yang kita punya. Apabila kita menutup program ini akan muncul systray Fungsi Reset Cartridge (setelah isi ulang) untuk melakukan pengisian ulang pada printer Epson, ataupun setelah anda melepaskan Catridge Epson dari printernya maka catridge harus direset. Resetter pada catridge epson dapat dilakukan dengan menggunakan resetter fisik (hardware) atau dapat dilakukan dengan menggunakan software.

Berikut langkah untuk melakukan reset cartridge dengan menggunakan SSC Service Utility ver 4.0: Setelah cartridge diisi ulang kemudian pasanglah printer lalu buka SSC Service Utility kemudian pilih tabulasi Configuration, kemudian sesuaikan jenis printer yang digunakan dengan memilih installed printer dan pilih printer modelnya pada daftar combo.

Kemudian pilihlah tabulasi resetter, lalu secara otomatis SSC service utility akan menyesuaikan jenis cartridge yang sesuai dengan konfigurasi yang anda pilih sebelumnya. Contoh bila anda mempunyai Epson Stylus C45 maka cartridge yang masuk ke dalam list box combo SSC service utility adalah T038Black dan T039Color. Anda dapat melakukan pengecekan chip Cartridge, test kecepatan, kondisi Head print dan melakukan reset chip Cartridge.

Untuk melakukan reset, pilih jenis cartridge sesuai yang anda miliki, kemudian pilih cartridge T039Color, lalu klik Write. Ulangi lakukan sebelumnya dengan memilih T038Black lalu klik Write dengan demikian printer Anda telah direset dan dapat digunakan kembali.

Itu tadi untuk software resetter ada juga lho yang menggunakan hardware atau perangkat keras… 8) , hardware resetternya pun mudah didapat dengan harga berkisar antara Rp45.000 sampai Rp75.000 *Aq g’ promosi ya… itu cma perkiraan harga di kota Surabaya :roll: *

Langkah – langkah

Tempatkan pin reseter pada chip pin cartridge kemudian tunggulah sampai tiga detik maka lampu hijau akan berkedip-kedip. Ini menunjukkan proses reset cartridge telah komplit.
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menangani blinking dan membersihkan Waste Pad pada salah satu jenis Printer Epson. Pada workshop *ih… gayane…* kali ini Printer yang kita gunakan adalah Epson Stylus C43SX. Untuk menerapkannya bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu membersihkan waste pad / busa penampungan tinta terlebih dahulu kemudian melakukan reset dengan software, ataupun sebaliknya Anda reset dengan software dahulu dan bila sudah dapat berjalan normal barulah anda membersihkan Waste Pad-nya.

Klik kanan Icon Printer pada systray, untuk mereset BLINKING pilih Menu Protection Counter, kemudian Sub Menu Reset Protection Counter dan Clear Counter Overflow. Setelah itu matikan printer kemudian hidupkan lagi, maka blinkingnya akan hilang.

Resetter (alat reset) *bahasa kerennya begitu… kwkwkwkwkwk :lol: * bisa dibeli ke dealer Epson atau biasanya diberikan gratis pada saat beli printer. Untuk Program SCC Utility bisa di download secara gratis, bila temen-temen, sodara-sodara ingin silahkan klik link ini. Oke sekian dulu yang dapet saya sampaikan dan ilmu diatas tadi saya dapatkan dari buku yang saya beli. Buku itu di produksi oleh “PUSTAKA RADJA”. Semoga ilmunya dapet bermanfaat bagi kita semuanya…Amien…

Peace tongueeace:

Published in #ndobos

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *