Skip to content →

PCMAV 3.0 Ragnarok

Pada kesempatan kali ini, sebelum saya nanti malam berangkat tour ke Jogja  :tkp saya akan mereviewkan salah satu antivirus buatan dalam negeri yaitu PCMAV. Sumber dari review kali ini saya kutip dari PCMEDIA edisi 04/2010.

Pada ulang tahunnya yang ke 9 PCMEDIA meluncurkan antivirus PCMAV yang ke tiga dengan code name RAGNAROK.

Mungkin dari teman sekalian ingin mengetahui apa saja yang terdapat dalam PCMAV Ragnarok, mari kita simak kutipan di bawah ini.

User Interface

Saat anda menjalankan PCMAV Ragnarok, tampilan splash screen dengan nuansa yang khas akan menyambut anda seperti PCMAV versi sebelumnya, tetapi kali ini dengan label Ragnarok. PCMAV akan melakukan inisalisasi engine dan database, termasuk update database jika ada. Berbeda dengan versi sebelumnya, waktu yang dibutuhkan untuk loading awal akan jauh terasa lebih cepat. Tanpa perlu menunggu lama, akan tampil jendela utama.

Terdapat dua opsi yang tidak sampeyan temui pada PCMAV versi sebelumnya, yaitu opsi :

  • System memory.
  • Startup object.

Kondisi default kedua opsi tersebut adalah dalam keadaan tercentang. Keadaan system memory adalah untuk memeriksa memory, termasuk file system seperti driver dan service *beh mub… bahasane koq…*, sedangkan startup object untuk memeriksa modul-modul startup dan registry. Kecuali anda benar-benar yakin kondisi system memory dan startup bersih, anda dapat melewatkan opsi ini dengan menghilangkan centang atau tanda cawing.

Drive letter yang terpasang pada system akan ditampilkan, dan anda dapat memilih drive mana saja yang ingin diperiksa.

Optimasi Engine

Agar dapat berimprovisasi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi terbaru, PCMAV Ragnarok menggunakan complier generasi yang lebih baru dibandingkan PCMAV sebelumnya. Perubahan ini memerlukan penyesuaian dan penulisan ulang beberapa komponen kode inti. Selain tentunya juga dilakukan berbagai improvisasi, dan perbaikan bug yang ditemukan di engine. Dengan penggunaan compiler baru dan optimasi engine, PCMAV Ragnarok berjalan lebih stabil, optimal, dan compatible, termasuk pada siste operasi Windows 7 32-bit.

Hemat Memory

Saat idle, PCMAV Ragnarokhanya membutuhkan memory sekitar 2 MB (sebagai perbandingan, PCMAV 2.3 Valkyrie membutuhkan memory sekitar 36 MB pada saat idle), dengan demikian tidak memberatkan resource komputer anda. Penggunaan memory bisa jadi meningkatkan seiring dengan proses scan, tetapi tetap digunakan secara efisien. Sebagai contoh, pada notebook dengan processor AMD Sempron 3000+ (single core) dan system operasi utowo OS Windows XP SP2, PCMAV Ragnarok hanya menggunakan memory pada kisaran 5 MB – 8 MB pada saat proses scan berlangsung.

*Mub, selain itu apa lagi…???* Ojo, kesusu mas… meskipun kesusu enak tapi ojo kesusu…!!! Dibawah ini masih wonten 3 kelebihan PCMAV Ragnarok… Mari kita simak lagi…!!!

Dukungan Teknologi CPU Multi Core

Saat melakukan scan file pada CPU dengan multi-core, sampeyan akan merasakan kecepatan PCMAV Ragnarok bekerja dengan sangat signifikan dibandingkan versi sebelumnya. Salah satu pengujian yang dilakukan adalah menjalankan PCMAV Ragnarok bersamaan dengan PCMAV 2.3 Valkyrie, untuk melakukan scan pada folder Windows. Hasilnya,PCMAV Ragnarok mencatat waktu sekitar 10 menit, sedangkan PCMAV 2.3 Valkyrie mencatat waktu sekitar 18 menit.

Peningkatan performa sekitar dua kali lipat ini dilakukan pada netbook dengan processor Atom N280, memory 1 GB, dan berjalan pada system operasi Windows XP SP3. Tentunya bukan hanya arsitektur CPU berbasis Intel HT (Pentium 4, Atom, Core i3/i5/i7, dan seterusnya) saja yang didukung oleh PCMAV Ragnarok, tetapi juga yang berbasis AMD.

Hal ini tidak lepas dari penggunaan teknologi multi-thread yang ditanamkan pada engine PCMAV Ragnarok, yang memungkinkan masing-masing core menjalankan thread secara parallel. PCMAV akan mendeteksi keberadaan multi-core (tercatat pada file PCMAV Log pada bagian Scan Summary – Virtual Core(s), setelah anda melakukan scan), dan otomatis melakukan penyesuaian proses agar penggunaan core bekerjaoptimal dalam melakukan scan.

Struktur Folder

Pada PCMAV 3.0 Ragnarok ini, file yang disertakan adalah PCMAV.exe (sebagai removal), dan README.txt yang berisi penjelasan dan ketentuan program.

Folder yang disertakan adalah vdb yang berisi database utama, dan update (jika ada). Dengan file dan struktur folder ini, anda sudah dapat menggunakan PCMAV Ragnarok.

Folder quarantine yang digunakan untuk menyimpan data yang dicurigai bervirus, juga otomatis tercipta apabila PCMAV dijalankan melalui harddisk.

Tentunya, PCMAV Ragnarok juga tetap mempertahankan portabilitasnya jika ingin dijalankan melalui media removable seperti flashdisk. Bahkan, menjadi semakin mudah karena ukuran file PCMAV.exe telah dioptimasi hingga kurang dari 1 MB. Bandingkan dengan PCMAV 2.3 yang nyaris sampai 3 MB.

Gambar diatas adalah tampilan splash screen PCMAV 3.0 Ragnarok

Mendukung Versi Sebelumnya

*Lha,Mub… bagaimana dengan RTPnya…??? Tadi koq kgak disebutken…???* Ok, bro Rilisan PCMAV Ragnarok edisi ini belum menyertakan  RTP, tetapi tetap mendukung penggunaan RTP sebelumnya (disarankan menggunakan RTP terbaru, yaitu RTP dari PCMAV 2.3).

Untuk menggabungkan PCMAV-RTP 2.3 dengan PCMAV 3.0, anda cukup meng-copy-kan PCMAV-RTP.exe dan folder lib ke dalam folder yang sama dengan PCMAV 3.0, database yang dikenali adalah database terbaru dari PCMAV Ragnarok.

Integrasi dengan ClamAV juga masih dapat dilakukan seperti biasa. File-file yang diperlukan adalah libiscan.dll (terdapat pada PCMAV versi sebelumnya), dan file-file dari ClamAV yang diletakkan pada folder pluginsclamav.

Fitur-fitur lain masih tetap ada pada PCMAV Ragnarok, seperti automatic update, virus submit pada file-file yang dikarantina, maupun parameter-parameter Command Prompt (/REGSHELL, /REGCLEAN, dan lain-lain) yang telah sampeyan kenal sakderenge.

Akhir kata untuk sampeyan yang kepingin doenload Antivirus Made In Indonesia ini silahkan klik :fuck: <<–link ini–>>

Published in #ndobos

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *