Skip to content →

Dasar Search Engine

Konsep dasar search engine adalah sebuah tool untuk membantu pengunjung melakukan pencarian. Pengunjung mengisikan frase atau kata kunci di search box kemudian mengeklik button kemudian akan ditampilkan semua hasil pencarian. Setelah itu, anda bisa mengeklik link yang menarik dari hasil pencarian.

Dari sisi front end, memang search engine terlihat sederhana, tetapi di back-end, sebenarnya banyak proses yang terlibat di dalamnya. Di bagian back-end, sebenarnya search engine adalah sebuah program yang merupakan aplikasi yang mengumpulkan informasi-informasi dari halaman web.

Informasi-informasi yang sudah dikumpulkan tersebut biasanya berupa kata-kata kunci yang ditangkap dari sebuah halaman web, beserta informasi penting lainnya seperti URL. Kemudian kode HTML dari halaman web disimpan dan dijadikan cache atau tembolok.

Jadi ketika user memasukan kata kunci di antarmuka, kemudian mengeklik tombol search maka software di back-end ini akan menganalisa informasi yang disimpan di database back end dan kemudian menampilkan hasil pencarian beserta alamat URL dari hasil pencarian tersebut.

Proses untuk mengumpulkan informasi mengenai halaman web dilakukan oleh sebuah software yang disebut penjelajah. Itilah ini sering disebut crawl, spider atau robot.

Robot penjelajah ini setiap kali mengunjungi sebuah website akan mengambil URL, mengambil keyword dan frase kemudian mengirim balik ke server search engine untuk menyimpannya ke database. Robot ini bekerja dengan sangat cepat untuk mengakomodasi tantangan pertumbuhan jumlah website yang sangat cepat. Saat ini hampir muncul 2 juta website baru tiap bulan di seluruh dunia.

Memasukkan frase pencarian di search engine Google
Hasil pencarian atau SERP di Google
Hasil pencarian atau SERP di Google

Search Engine juga berguna untuk mencari artikel kita yang sudah terindex. contoh artikelnya Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia dan Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia

Published in #ndobos

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *