Skip to content →

Trik Mengetik Cepat

Semua aktifitas yang berhubungan dengan komputer tentu berhubungan dengan ketik mengetik. Apalagi aktifitas Internetan seperti Blogging, Chating atau Pesbukan. Malukan kalo pas chatingan ngetiknya lambat. Bisa-bisa misunderstanding. :melet:

Selain aktifitas online, mengetik cepat juga dibutuhkan ketika sedang melakukan aktifitas offline. Contohnya ketika lagi ngerjain tugas kuliah pake Microsoft Word atau Open Office. Apalagi bagi anak kuliahan yang gak punya laptop dan masih ngandalin rental komputer di sekitar kampus. Bagi mereka, kecepatan mengetik berbanding biaya rental. Semakin cepat mengetik maka biaya rental semakin kecil. Biaya rental ini pun berbanding terbalik dengan ketebalan dompet. Semakin kecil biaya rental maka semakin tebal dompetnya. confusedilau:

Langsung ke pokok masalah tentang bagaimana kita bsa mengetik cepat dengan 10 jari. Oke, Ini dia tipsnya:

  • Manfaatkan seluruh jari Jari yang tepat di tempat yang tepat
  • Jangan ngeliat keyboard ketika mengetik Latihan terus menerus

Mulai dengan tips yang pertama, manfaatkan seluruh jari, kecuali jari-jari kaki tentunya. Kebanyakan pemula mengetik dengan menggunakan “11 jari” yaitu telunjuk kiri dan telunjuk kanan. Ada juga “kelihatannya” menggunakan seluruh jari, padahal enggak. Jadi, untuk mengetik dengan cepat, diperlukan kerjasama dari seluruh jari-jari anda.

Tips yang kedua, jari yang tepat di tempat yang tepat. Tips ini berhubungan dengan yang pertama. Karena masing-masing jari mempunyai tugas masing-masing. Untuk lebih jelasnya, liat aja gambar di bawah ini: confusedwt2:


Keterangannya adalah sebagai berikut:

Tangan Kiri
Jari telunjuk = 4 R F V 5 T G B
Jari tengah = 3 E D C
Jari Manis = 2 W S X
Jari Kelingking = 1 Q A Z ` Tab “Caps Lock” “Shift Kiri” “Ctrl Kiri”

Tangan Kanan
Jari telunjuk = 6 Y H N 7 U J M
Jari tengah = 8 I K ,
Jari Manis = 9 O L .
Jari Kelingking = – [ ] ‘ / = Backspace Enter “Shift Kanan” “Ctrl Kanan”

Sebelum mulai mengetik, letakkan jari anda di tempat yang tepat. Posisi awal sebelum mengetik ialah:

  • Jari telunjuk kiri = F dan jari telunjuk kanan = J
  • Jari tengah kiri = D dan jari tengah kanan = K
  • Jari manis kiri = S dan jari manis kanan= L
  • Jari kelingking kiri = A dan jari kelingking kanan = ;

Ctrl-Alt-Shift
Khususon untuk tombol Ctrl-Alt-Shift, ada cara-cara khusus untuk mengkombinasikannya dengan tombol lain. Misalnya kita mau menekan kombinasi Ctrl + L. Nah, kita mesti tau dulu tangan mana yang mengetikkan huruf L. Karena tangan kanan (jari manis) yang mengetikkan huruf L, maka tangan kirilah (jari kelingking) yang harus menekan tombol Ctrl. Mudah kan? Iya KaN? :kaget:

Tips ketiga, jangan sampek ngeliat keyboard pas lagi ngetik. Mungkin agak sulit bagi pemula. Tapi ini memang tahapan yang mesti dilewati. Disiplin gak ngeliat keyboard pas ngetik akan berbuah manis nantinya. Memang pada awalnya sangat sulit dan kita akan mengetik amat sangat lambat. Tapi lama kelamaan pasti terbiasa dan mengetik pun jadi asik. Butuh kesabaran juga. Wong Sabar Di Sayang Tuhan confusedwt2:

Tips terakhir, latihan terus menerus. Tanpa latihan semua percuma. Sama juga kayak programming, mesti latihan terus menerus. Bahan-bahan latihan bisa aja tugas kampus, tugas adek, tugas tetangga, tugas temen, atau koran pagi yang udah gak disentuh lagi. Kalo mau latihan sambil dapat duit, nongkrong aja di rental komputer. Tawarin jasa pengetikan ilegal. *aku ra marahi lho yah…*

Sekian dulu beberapa tips yang dapat saya sajian, kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. confusedenyum:

Thanks : KASKUS

Published in #ndobos

2 Comments

    • mubaroki mubaroki

      @Limit Komputer, hehehe… ya adanya cuman itu mas confusedwt2:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *