Skip to content →

Bawang Merah

Bawang merah atau Brambang *dalam boso jowone* dan dalam bahasa bekene Allium ascalonicum L. adalah nama tanaman dari familia Alliaceae dan nama dari umbi yang dihasilkan. Umbi dari tanaman bawang merah merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Bawang merah adalah tanaman semusim dan memiliki umbi yang berlapis. Tanaman mempunyai akar serabut, dengan daun berbentuk silinder berongga. Umbi terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi, membesar dan membentuk umbi berlapis. Umbi bawang merah terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Umbi bawang merah bukan merupakan umbi sejati seperti kentang atau talas. :monyong:

Bawang merah atau brambang dapt juga lho di manfaatkan, salah satunya yaitu bawang oren atau orang jawa lebih mengenal brambang goreng.

Cara pembuatannya yaitu, brambang diiris tipis dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak.*1 truck juga gpp  confusedwt2: *  Pada umumnya, masakan Indonesia berupa soto dan sup menggunakan bawang goreng sebagai penyedap sewaktu dihidangka. Bawang goreng merupakan bumbu yang paling sering di gunakan orang indonesia untuk membuat masakan. Dan brambang goreng atau bawang goreng juga membuat nafsu makan lebih, untuk yg suka lho.. :cilukba:

Selain tu, menurut info yg saya dapat tadi, bawang merah jg bisa menangkal penyakit Diabetes. :kaget2:

Umbi bawang merah dan bawang bombay dikenal dapat menginduksi keluarnya air mata apabila diiris. :nangis: Hal ini disebabkan reaksi berantai yang terjadi dalam sel-sel umbinya. Apabila umbi lapis diiris, sel-selnya akan pecah dan melepaskan berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya. Dua senyawa yang terlepas di antaranya adalah enzim allinase and asam amino. Allinase yang bertemu dengan asam amino yang mengandung belerang (sulfoksida, yaitu sistein dan metionin) akan melepaskan asam sulfenat. Asam sulfenat bersifat tidak stabil dan segera berubah menjadi tiosulfinat. Tiosulfinatlah yang bertanggung jawab atas aroma khas bawang. Selain menjadi tiosulfinat, asam sulfenat yang bertemu dengan enzim lain, LF-sintase (LF singkatan dari lacrymatory factor: “faktor air mata”winking, akan diubah menjadi syn-propanethial-S-oxide yang berwujud gas. Apabila gas ini mengenai kornea mata, signal dikirim sebagai gangguan pada mata dan mata akan berkedip-kedip serta mengeluarkan air. :kaget:

Aku tadi dapat tips cara mengonceki brambang tanpa harus menangis. confusedwt2: . Caranya gini sobat-sobatku.

  1. Sebelum di kelupas kulitnya, terlebih dahulu dikum atau di rendam dgn air hangat.
  2. Kupas deh kulitnya.
  3. Setelah di kupas, lalu ujung-ujungnya bawan merah di potong.
  4. Bawang Merah atau berambang di kum atau di rendam sama air es.
  5. Selesai deh tinggal diiris-iris… :tidur:

Published in #ndobos

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *