Skip to content →

Gerhana Bulan Pertama Tahun 2011

Sebuah gerhana bulan terjadi pada tanggal 15 Juni 2011 Kemarin. Ini adalah yang pertama dari dua gerhana tersebut pada tahun 2011. Yang kedua akan terjadi pada 10 Desember 2011.

Ini adalah pusat relatif jarang gerhana bulan di mana titik pusat bayangan Bumi lewat di Bulan. Kali terakhir gerhana bulan lebih dekat dengan pusat bayangan bumi itu pada 16 Juli 2000. Sentral berikutnya gerhana bulan total akan pada tanggal 27 Juli 2018.

Kamis Dini Hari, Salah Satu Gerhana Bulan Terlama
Peneliti astronomi dan astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, menyatakan peristiwa Kamis dini hari berpeluang menjadi salah satu gerhana bulan total terlama sepanjang sejarah. “Lamanya saat total sekitar 100 menit karena posisi bulan nanti dekat dengan pusat bayangan bumi,” ujar Thomas.

Ia menjelaskan, lama gerhana bulan total memang bergantung pada pertama, jarak lintasan bulan terhadap pusat bayangan bumi, dan kedua, jarak bulan terhadap bumi.

Secara umum, kata Thomas, tidak ada dampak signifikan dari gerhana bulan tersebut. Salah satu yang mungkin akan menarik perhatian adalah kemungkinan pasang air laut maksimum. “Hal tersebut terjadi karna posisi bumi, bulan, dan matahari hampir berbentuk garis lurus. Efek gabungan ketiganya adalah pasang maksimum,” ujarnya.

Google dan Gerhana Bulan 15 Juni 2011
Google, selalu unik dalam setiap kali ada kejadian di bumi ini. Seperti pada kali ini, Google juga merubah tampilan di SE (Search Engine) nya untuk memeringati kejadian Gerhana Bulan Total di Bulan Juni 2011 ini.

Google Gerhana Bulan Juni 2011
Google Gerhana Bulan Juni 2011

Published in #ndobos

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *