Skip to content →

Tips dan Hal yang Perlu diperhatikan Ketika Membeli Rumah untuk Usaha dan Tinggal

Sekarang ini harga tanah khususnya di kota – kota besar semakin melambung tinggi. Tidak sedikit juga orang – orang yang beralih untuk membeli apartmen dan rumah susun.

Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia
Rumah Idaman Bagi Setiap Orang

Sekarang ini bermimpi untuk membeli rumah sendiri merupakan hal yang susah – susah gampang. Bagi seseorang, memiliki rumah sendiri adalah hal yang sangat penting dalam hidupnya. Keinginan dan impian tersebut akan mempengaruhi hidup dan juga keuanganmu dimasa mendatang.

Anda harus dengan bijak dan berhati – hati dalam mengelola keuangan anda untuk bersiap – siap membeli rumah idaman anda. Banyak sekali faktor – faktor yang harus anda perhatikan dalam membeli rumah dikemudian hari jika anda adalah pembeli pertama dari rumah tersebut.

Anda harus mempersiapkan segala sesuatu yang mungkin akan terjadi dikemudian hari ketika anda telah membeli rumah tersebut. Sebagai seorang pembeli pertama anda harus memperhatikan beberapa aspek penting dan lebih teliti lagi ketika membeli rumah yang anda idam – idamkan.

Hal tersebut nantinya akan menjadikan banyak perubahan bagi anda ketika anda tinggal dan berada di rumah tersebut.  Berikut ini adalah list mengenai apa saja aspek – aspek yang perlu anda perhatikan dalam membeli sebuah rumah.

Tidak peduli anda pindah rumah ataupun membeli rumah baru, anda harus tetap memperhatikan beberapa faktor yang nantinya akan mempengaruhi anda ketika tinggal disana.

Jika anda membeli rumah dengan jasa agen, jangan sampai anda menelan mentah – mentah tentang apa yang dibicarakan oleh agen tersebut. Anda harus tetap fokus untuk memperkatikan faktor – faktor yang ada disekitar rumah yang akan anda beli.

Keluarga BahagiaAlangkah baiknya jika anda membeli rumah yang sesuai dengan keinginan keluarga anda dan nyaman untuk ditinggali. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika membeli rumah adalah lokasi. Lokasi dalah hal pertama dan yang paling penting yang harus anda perhatikan. Jarak yang cukup dekat dengan kantor anda, sekolah, stasiun kereta api, dan bandara merupakan faktor – faktor yang penting dan strategis untuk rumah yang akan anda tinggali nantinya.

Meksipun begitu, mungkin anda tidak akan bisa mendapatkan lokasi yang strategis seperti tersebut yang paling tidak bisa dekat dengan tempat kerja anda dan juga dekat dekat sekolah anak anda. Paling tidak anda bisa mendapatkan rumah yang cukup strategis, nyaman, dan aman untuk ditinggali.

Faktor lain yang harus anda perhatikan adalah tetangga. Tetangga yang berada disekitar anda tentunya akan mempengaruhi kehidupan anda. Tetangga yang ramah terlihat seperti pilihan yang bagus untuk anda, akan tetapi anda harus memastikan hal tersebut terlebih dahulu. Jika halaman tetangga anda bersih dan nyaman, hal tersebut menandakan bahwa anda memiliki tetangga yang ramah.

Selain itu, tetangga yang baik juga berguna ketika anda ada keperluan penting dan meninggalkan anak atau hewan peliharaan anda di rumah sendiri. Anda juga bisa mengecek ke kepolisian mengenai seberapa tinggi tingkat kriminalitas dilingkungan dimana anda tinggal.

Mensurvei rumah yang akan anda beli juga merupakan faktor yang harus anda sadar dan juga lakukan. Waspada dalam meneliti rumah yang menjadi target yang akan anda beli merupakan suatu keharusan. Jika anda berencana ingin menambahkan sedikit sentuhan baru dalam rumah terebut, anda bisa mencoba memanggil tukang bangunan untuk merenovasi beberapa bagian sesuai dengan keinginan anda nantinya.

Jangan lupa untuk bertanya pada agen yang menjual rumah tersebut tentang segi negative dari rumah tersebut seperti hal – hal yang cacat dan yang perlu diperbaiki lagi.

Hal tersebut akan mempermudah anda untuk mendapatkan harga yang lebih murah dari yang ditawarkan oleh agen tersebut dan juga anda harus memperhatikan listrik dan air yang terpasang di rumah tersebut.

Jika ada ruang bawah tanah, sebaiknya anda juga mengecek bagian tersebut jika memang ada sesuatu yang salah seperti air pipa yang bocor dan juga beberapa hal yang mungkin perlu diperbaiki, segera konsultasikan dengan agen yang menawarkan rumah tersebut.

Jika ada gangguan lain seperti tikus atau binatang yang tidak diinginkan, anda bisa kiomplain atau melakukan negosiasi ulang megenai hal tersebut. Jangan lupa untuk mengecek kembali apakah dokumen dan surat – surat penting lainnya yang berkaitan dengan rumah udah tersedia dan sah secara hukum. Anda juga harus mempertimbangkan mengenai kenyamanan dan keamanan rumah dimana tempat anda tinggal nantinya.

Selain anda membeli rumah untuk keperluan tempat tinggal anda juga bisa membeli rumah untuk investasi properti sebagai sumber usaha anda. Anda bisa menggunakannya sebagai rumah kontrak atau rumah kos.

Selain itu, menggunakannya sebagai tempat usaha seperti restoran, butik, ruko, atau keperluan lainnya, tentunya akan membantu usaha anda. Dari situ, anda juga bisa mendapatkan banyak untung dan sebagai investasi dihari tua anda.

Contoh Desain Ruko
Rumah Toko

Dalam membeli rumah, apartmen, atau properti lainnya, anda harus memperhatikan budget keuangan anda. Anda harus bisa mengalokasikan sejauh mana anda akan mempergunakan uang anda untuk membeli rumah yang anda cari.

Jika anda berencana untuk membeli rumah yang tanpa furniture, anda harus dengan bijak mengalokasikan dana yang anda miliki untuk membeli furnitur rumah baru anda. Jika anda membeli rumah peninggalan orang lain, pastikan anda juga mengalihkan dana extra yang anda miliki sebagai persiapan renovasi rumah.

Menentukan spesikifasi rumah idaman juga merupakan hal yang penting yang harus anda rencanakan sebelumnya. Pastikan anda tahu apa yang anda cari tentang rumah idaman anda atau yang akan anda gunakan untuk usaha.

Pastikan anda tahu pasti tentang harga rumah dengan spesifikasi tertentu dan juga dengan lokasinya yang strategis atau tidak. Paling tidak anda bisa mengira – ngira seberapa besar dana yang anda butuhkan untuk membeli rumah yang sesuai dengan spesifikasi dan kriteria yang anda butuhkan.

Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia
Pelayanan Ramah Dari Tim Century 21

Jika anda membeli rumah dengan jasa agen, jangan sampai mereka memaksa anda untuk membeli rumah dengan harga yang jauh dari dana yang telah anda persiapkan.

Setelah kriteria – kriteria rumah idaman yang anda inginkan telah terpenuhi maka anda bisa mempersiapkan mengenai negosiasi harga dan juga surat – surat mengenai rumah tersebut.

Harga yang cocok tentu saja harus sesuai dengan apa yang ada dalam rumah tersebut seperti ada atau tidaknya furnitur, kecacatan dari rumah tersebut, lokasi yang cukup strategis ataupun tidak, tetangga dan lingkungan atau juga bisa mengenai tingkat kriminalitas dari lingkungan dimana rumah yang akan anda beli berada.

Jika aspek – aspek tersebut telah terpenuhi maka anda tinggal melakukan transaksi pembelian dan juga serah terima surat – surat dan dokumen – dokumen penting mengenai rumah tersebut.

Dalam membeli rumah, properti, dan apartmen, anda pasti akan menemui kesulitan dan masalah. Harga dan lokasi adalah faktor penentu yang menentukan apakah rumah tersebut memang bagus atau tidak.

Dalam beberapa kasus, anda harus menghitung kembali dana dan biaya yang anda keluarkan setelah membeli rumah, apartmen, atau properti tersebut.

Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat bagi anda semua confusedenyum:

Published in #ndobos

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *