Skip to content →

Asal Mula Nama Sayur Lodeh

Sayur Lodeh

Sayur lodeh, banyak warga negara republik Indonesia ini yang mengenal nama sayur Lodeh. Sayur lodeh adalah masakan sejenis sayur khas Indonesia *ya… iyalah… :monyong: . Sayur lodeh mempunyai berbagai macam variasi terutama pada bumbunya, ada yang santannya berwarna putih dan ada juga yang santannya berwarna merah.

Bahan-bahan yang sering digunakan adalah labu jipang, kacang panjang, terung, petai, tempe, cabai, jagung kecil dan santan.Resep masakan yang enak dan gurih ini sangat menyegarkan dan cocok jika dipadukan dengan telur asin dan ikan tongkol. Dan biasanya dihidangkan bersama dengan sambal. Masakan ini menyerupai kari, tetapi masakan ini menggunakan sayur-sayuran daripada menggunakan makanan laut.

Anda semua pasti sudah sering makan sayuran ini dengan dipadu berbagai lauk, tapi taukah anda asal mula nama sayur lodeh??? confusedilau:

Gini ane mau cerita dulu gan,,, yuk mari merapat dulu mendengarkan OM Mubaroki mau cerita confusedenyum:
Dulu disebuah kota yang tenang dan damai, hiduplah sepasang suami istri yang dikaruniai 12 anak. Saking banyaknya anak, mereka berdua kesulitan untuk merawat dan mengurusi anaknya. Disamping itu suami istri itu merupakan seorang pembisnis yang sibuk. Akhirnya mereka memutuskan untuk memperkerjakan seorang pembantu untuk memasak dan 2 baby sister untuk merawat bayinya.

Sebulan, duabulan, tigabulan berlalu pembantu dan babu sister itu bekerja di majikan tersebut. Tapi yang aneh terjadi pembantu itu hanya bisa memasak sayur yang itu… itu… aja. Karena majikan sudah bosan akan sayur yang dimasak si pembantu. Majikan memanggil pembantu: “SUMI!!!!! kemari kamu” “Ya, bu…!!!”,jawab sumi. “Kesini kamu!!!”.

Dengan muka memelas, sumi mematuhi perintah majikannya untuk bertatap muka. “Kamu itu bagaimana sih, masak sudah 3 bulan di rumah ini, kamu masak sayur itu… itu… aja, Bosan tau :kebo: “, kata si majikan dengan nada marah.

Sumi menjawab dengan nada yang lemah lembut dan sedikit memelas supaya tidak dimarahi lagi sama majikan,”Ngapunten bu,,, saya bisanya cuman masak sayur bening sama sayur asem doang, saya tidak tau resep lainnya bu, sekarang di dapur ada santan, tahu, tempe , kacang panjang, terung, dan cabai. Ibu mau saya masakan apa?

Dengan perasaan yang dongkol, si majikan menjawab dengan nada yang tinggi,”Terserah Lo Deh mau masakin gue apa, yang penting beda ama yang ini (sayur yang diatas meja)”. Pmbantu hanya bisa menjawab “iya bu, saya akan memasakkan sayur yang berbeda untuk ibu”.

Akhirnya pembantu langsung menuju dapur, dan didapur si pembantu meracik semua bahan yang ada. Gak tau itu santan, cabai, petai, kacang panjang dsb. Setelah selesai memasak, si pembantu langsung menuju ruang makan untuk ketemu dengan majikannya lagi.

“Ini bu, sayur yang baru dan tidak pernah saya masak sebelumnya untuk ibu. Ini spesial untuk ibu”,kata si pembantu. “Sini aku coba dulu, enak apa ngga’ masakan lo”, jawab si majikan ddengan nada yang tinggi. Sruputt… Glek, terdengar suara air sayur yang belum ada namanya masuk ke kerongkongan si majikan. “Hemmm… enak lho… masakan kamu yang ini. Ini namanya sayur apa???”kata si majikan dengan sok bermuka manis. “hemmm,,, saya belum tau bu… soalnya saya tadi masaknya ngawur confusedwt2:”,jawab si pembantu.

Si majikan akhirnya berfikir untuk memberi nama sayur yang telah susah payah dimasak oleh si pembantunya lagi, tiba-tiba si majikan mengkagetkan si pembantu yang sedang bergaya sok mikir untuk memberi nama sayur yang baru dimasaknya. “HA!!!!… aku tau nama yang cocok untuk sayur ini! Karena saya tadi menyuruh kamu untuk memasak sayur terserah Lo Deh, nama sayur ini diberi nama LODEH saja. Bagaimana???”,kata si majikan.

Dengan sok mikir lagi si pembantu menjawab,”Ya deh bu, sayur ini diberi nama sayur LODEH”. Akhirnya dengan tercetusnya nama baru untuk sayur tersebut, si pembantu mempunyai resep makanan baru untuk menu makan majikannya confusedilau:

Demikiannlah yang dapat saya sampaikan, mohon maaf kalau ceritanya ngawur ya… :komunis: cerita ini saya terinspirasi oleh guyonan guru sejarah saya di SMA, waktu mengajar tadi. Terima kasih pak.. atas guyonan yang anda berikan tadi confusedenyum:

Published in #ndobos