Skip to content →

Pramuka Ndeso! Apa kata dunia???

Pramuka Ndeso!, Pramuka Belajar Mlarat, Pramuka Belajar Kere surprisemg:

Itu merupakan berbagai cemoohan beberapa orang yang tidak menyukai Pramuka :tinju: .

Kata-kata itu mengingtakan saya ketika saya di ceritani oleh pembina saya. Dia pernah dicaci maki orang pembisnis dan beberapa bapak ibu guru yang ngg’ suka dengan pramuka.

Tidak hanya pembina saya saja. Saya pun juga pernah di gitukan sama guru saya.

Mungkin dia-dia itu orang yang ndeso. Orang yang gk kenal pramuka itu ndeso menurut saya. Mungkin dia nggak tau apa itu sebenarnya pramuka. Dan apa saja yang diajarkan di dalam pramuka.

Berikut ini ada beberapa ulasan dasar mengenai apa itu Pramuka. Dan apa saja isi yang ada di dalam Pramuka. Biar semua orang yang gk suka Pramuka biar tau pentingnya Pramuka di negeri ini :cerutu:

Pramuka

Pramuka merupakan singkatan dari praja muda karana, yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya.

Jadi, Pramuka itu mendidik para kaula muda, menjadi orang yang suka berkarya. Baik dibidang non akademis maupun akademis.

Kalau ndak percaya, beli aja SKU harganya hanya 1000 bahkan 500 perak. Terus dibuka, anda cek satu per satu point SKUnya. Ponit SKU itu menyeluruh ada mulai dari akademis seperti biologi dsb. Dan non akademis seperti materi kepramukaan, dsb.

Fungsi Dari Pramuka

  1. Kegiatan menarik bagi anak atau pemuda.
    Kegiatan menarik di sini dimaksudkan kegiatan yang menyenangkan dan mengandung pendidikan. Karena itu permainan harus mempunyai tujuan dan aturan permainan, jadi bukan kegiatan yang hanya bersifat hiburan saja. Karena itu lebih tepat kita sebut saja kegiatan menarik.
  2. Pengabdian bagi orang dewasa.
    Bagi orang dewasa kepramukaan bukan lagi permainan, tetapi suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian. Orang dewasa ini mempunyai kewajiban untuk secara sukarela membaktikan dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi.
  3. Alat bagi masyarakat dan organisasi.
    Kepramukaan merupakan alat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasinya. Jadi kegiatan kepramukaan yang diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan pramuka itu sekedar alat saja, dan bukan tujuan pendidikannya.

Tujuan Dari Pramuka
Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia dengan tujuan agar:

  1. Anggota Pramuka menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.
  2. Anggota Pramuka menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya.
  3. Anggota Pramuka menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya.
  4. Anggota Pramuka menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila,  setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.

Tujuan tersebut merupakan cita-cita Gerakan Pramuka. Karena itu semua kegiatan yang dilakukan oleh semua unsur dalam Gerakan Pramuka harus mengarah pada pencapaian tujuan tersebut.

LHo… gimana??? bagus kan kegiatan di Pramuka itu? Tujuannya juga bagus kan..

Bahkan Pramuka itu sudah mendunia. Didunia dikenal dengan istilah “Scout

Makanya jangan semena-mena menjelek-jelekkan nama Pramuka kalau anda semua belum pernah ikut kedalamnya. Aku Bangga Jadi Pramuka Indonesia

Buat adik-adik dan kakak-kakak yang pernah dikucilkan seseorang karena ikut Pramuka. Janganlah engkau semua patah semangat. Tunjukkan bahwa anak pramuka itu bisa dan lebih baik dari orang-orang itu.

Published in #ndobos

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *