Skip to content →

Sudahkan anda berzakat di bulan ramadhan ini?

Besok kalau ndak salah sudah memasuki hari ke dua puluh sembilan kita berpuasa di bulan Ramadhan 1435 H.

Perlu diakui banyak sekali aktifitas yang kita lakukan selama bulan Ramadhan. Mungkin ada yang beribadah lebih khusyuk setiap harinya, bahkan sampai ada yang tidur aja tiap pagi sampai siang karena saking lamanya libur, seperti saya ini #eh.

Hehehe…

Tak apa tidur, itung-itung ibadah, tapi jangan disalah artikan terus tidur sampai gak bangun-bangun. Dalam arti tidur ibadah itu gini “ah, mungkin anda sudah tau, daripada saya dianggap menggurui lebih baik gak jadi saya terangkan tongue

Sudahkan anda berzakat?

Hayo,,, sudah belum… jangan sampai lupa lo ya… masak sama mantan aja gak lupa-lupa, dengan zakat masak lupa sih #eh

Setiap bulan ramadhan seperti sekarang ini, banyak sekali masyarakat mengeluarkan zakat, terutama zakat fitrah.

*Tujuannya buat apa sih, susah-susah mengeluarkan zakat? Terutama zakat fitrah? Pada bulan ramadhan pula, gue juga butuh beras dan uang buat berlebaran, sayang kan kalau buat zakat*

Ada yang bertanya seperti diatas? dan perkataannya juga sama persis? Kalau ada sini, tak kasih permen tempeleng sampean. pirate

Ok, ok, sebenarnya anak TK pun sudah tau fungsinya mengeluarkan zakat fitrah, dengan catatan sudah diajarkan orang tuanya big grin

Zakat fitrah ditujukan untuk mensucikan orang yang berpuasa dari rafats.

Kata rafats berasal dari akar kata rafatsa, yarfatsu, raftsan wa rafatsan (ุฑูŽููŽุซูŽ – ูŠูŽุฑู’ููŽุซู – ุฑูŽูู’ุซู‹ุง ูˆูŽุฑูŽููŽุซู‹ุง) yang secara etimologi berarti โ€˜kotorโ€™ atau โ€˜kejiโ€™.

Bahasa penak’e iku ngene lek, zakat fitrah iku kangge ngresiki jiwane awak dewe kie, lan Insyaallah iso ngadohne awakdewe soko siksane genine neroko iku.

Jangan lupa bayar zakat ya, terutama zakat fitrah dibulan ramadhan ini, ditambah zakat mal juga boleh.

Aku disini cuman mengingatkan aja kok, jangan sampai lupa untuk mengeluarkan zakat fitrah aja big grin winking

Soalnya kurang sehari lagi kita udah lebaran, dan waktu yang paling afdhol untuk mengeluarkan zakat fitrah itu pada waktu sebelum sholat sunnah Idul Fitri. happy

Published in #ndobos

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *