Skip to content →

5 Danau Paling Indah di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan di Asia Tenggara yang wilayahnya membentang dari Sabang di ujung barat hingga ke Merauke di ujung timur, negara ini memiliki wilayah dengan luas totalnya mencapai hampir dua juta km² yang dihuni oleh kurang lebih 260 juta jiwa penduduknya. Indonesia yang juga populer disebut sebagai Nusantara ini lokasinya berada di garis ekuator sehingga membuatnya memiliki iklim tropis di mana matahari selalu menyinari wilayahnya sepanjang tahun.

Indonesia sudah lama dikenal akan kekayaan alamnya yang sangat melimpah sehingga di masa lampau wilayah negara ini pernah diperebutkan oleh beberapa bangsa asing untuk menguasai sumber daya alamnya. Selain memiliki sumber daya alam yang melimpah, Indonesia juga memiliki potensi pariwisata yang sangat besar karena negara ini memiliki banyak tempat wisata dengan panorama yang mempesona. Salah satunya adalah danau sebagai wisata alam, pada kesempatan kali ini akan kami ulas beberapa danau paling indah di Indonesia yang bisa Anda kunjungi.

Berikut Danau Paling Indah di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi:

  • Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin Kalimantan Timur

Danau pertama yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan wisata adalah Danau Labuan Cermin yang mana lokasinya ada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk – Biduk, Kalimantan Timur. Danau Labuan Cermin sendiri memiliki air yang sangat jernih dengan kedalaman hanya sekitar 3 meter, danau yang satu ini sangatlah unik karena merupakan perpaduan dari air laut dan juga air tawar.

  • Danau Toba

Danau Toba Medan Indonesia

Danau Toba menjadi danau kedua yang bisa Anda kunjungi, danau yang lokasinya berada di Sumatera Utara ini memang sangatlah populer tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di mancanegara. Danau Toba merupakan sebuah danau vulkanik yang terbentuk karena adanya letusan gunung api purba di masa lalu, danau yang satu ini memiliki sebuah pulau di tengahnya yang dinamakan dengan Pulau Samosir.

  • Danau Sentani

Danau Sentani Jayapura

Danau ketiga yang juga bisa Anda kunjungi adalah Danau Sentani yang lokasinya berada di kawasan cagar alam Cyclop, Papua dengan ketinggian sekitar 75 meter di atas permukaan laut. Danau Sentani dikenal akan keindahan alamnya yang mempesona dan juga keanekaragaman biota airnya yang sangat khas seperti misalnya ikan gabus, hiu gergaji, dan hiu sentani.

  • Danau Paniai

Danau Paniai di Papua

Danau Paniai menjadi danau keempat yang juga bisa Anda Anda jadikan tujuan wisata, danau yang satu ini lokasi persisnya berada di Kabupaten Paniai. Danau yang satu ini memang memiliki panorama alam yang sangat mempesona sehingga namanya telah dikenal hingga ke mancanegara, Danau Paniai sendiri memiliki luas kurang lebih 14 ribu hektar dan berada di daerah dataran tinggi.

  • Danau Maninjau

Danau Maninjau Sumatera Barat

Danau kelima yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah Danau Maninjau yang lokasi persisnya berada di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Danau Maninjau sendiri tergolong ke dalam danau vulkanik yang terbentuk karena adanya letusan gunung, danau yang satu ini letaknya berada di ketinggian sehingga menjadikan alamnya sangat asri dan juga udaranya sejuk.

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata alam dengan panorama yang mempesona, salah satunya adalah berupa danau – danaunya yang indah.

Published in #mlipir

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *