Skip to content →

H-14 UN SMA 2014 Sudah siapkah aku?

Huh, Aku menghela nafas besar whew

Tak terasa kurang dua minggu tepat, ujian nasional tingkat SMA digelar. Aku sebagai peserta semakin dag dig dug menghitung hari, yang terus mendekati hari H.

Entah kenapa akhir-akhir ini pikiranku tambah kacau menghadapi ujian nasional. Belajar kadang tak bisa kosentrasi, penuh pikiran ngalur ngidul.

Seminggu yang lalu, disekolah sudah digelar istighozah. Acara rutinan yang selalu diselenggarakan semua instansi sekolah untuk menenangkan para siswa dan gurunya secara batiniah untuk menghadapi detik-detik ujian nasional yang semakin dekat.

h-14
Ilustrasi situasi istighozah di SMA 25/03/2014

Bacaan sholawat, tahlil, dibaca beringingan selama kurang lebih satu jam, selain itu sebelum acara  istighozah dimulai, selengingan ceramah dari pak kyai menggema diruangan yang dipenuhi sesak para siswa kelas 12.

Semua terlihat khusuk mengikuti jalannya acara, terlihat khidmat. Semua mengharapkan do’a dan keinginannya untuk mendapatkan nilai bagus saat ujian nasional terkabulkan. Termasuk aku.

Setelah acara ku pulang kerumah, kubuka kamarku, kulihat papan putih yang terletak lurus dengan pintu kamar. Disitu tertuliskan “H-20 UN” ditambah dengan beberapa keinginanku.

Dalam benak aku terus menata hatiku untuk mempersiapkan dan belajar lebih giat lagi. Setelah melihat tulisan itu sejenak, aku mempersiapkan buku untuk persiapan belajar nanti malam, besoknya (26/03/2014) akan diselenggarakan Try Out bersama SMA se-Kabupaten.

Try Out diselenggarakan selama tiga hari, persis dengan pelaksanaan ujian nasional. Aku berusaha menjawab yang kupikir paling benar, dan semua untuk mengetes kemampuanku, sudah sampai manakah aku.

Tryout itu merupakan yang kedua setelah yang pertama dilaksanakan pada awal Maret lalu. Hari Sabtu pada akhir tryout ada undangan untuk wali murid supaya datang ke sekolah pada hari Minggu, ada acara pengarahan UN dan PTN serta (aku menguping pembicaraan guru) ada pembagian hasil tryout kedua.

Aku berharap hasilnya semakin membaik.

Hari Minggu tiba, ibuk kesekolah sendirian, dan kurang lebih jam 11 beliau sudah pulang dan aku segera bertanya apakah benar ada pembagian hasil nilai tryout. Ternyata benar ada dan aku segera memintanya.

Setelah aku buka, taraaa… surprise sambil membaca sebuah novel, aku ada rasa sedikit kecewa, ternyata nilaiku merosot.

“Ah,,, gimana ini” dalam benak ku bertanya sendiri pada jiwaku yang semakin bingung. Aku berusaha menenangkan diri, dan terus berusaha tenang dengan meneruskan membaca novel.

Memang nilai rata-rataku tidak baik sejak tryout pertama. Kala itu dapat rata-rata 57.62. Jelek kan? meskipun semua memiliki keterangan “Tidak Lulus”, bahkan seluruh kelas, aku tetap merasa dongkol dihati.

Tryout kedua aku berharap ada peningkatan 3 poin ke rata-rata 60.00 aja dulu. Tapi ternyata hasilnya 53.58. Mungkin belum rezekiku, aku tetap bersyukur mendapat nilai segitu, daripada harus dapat nol.

Itu semua menunjukkan kemampuanku yang masih cetek, atau aku kurang bekerja keras lagi. Itu semua murni pekerjaanku sendiri, tanpa bumbu contek dan kerpek sana sini. Yah memang aku kalau belajar hanya sekitar sejaman lebih mungkin dikit, kalau aku paksakan terus aku pusing.

Aku sebenarnya lebih senang dan paham jika diterangkan oleh guru dengan situasi ruang belajar kondusif, dengan begitu aku cepat nyantol dengan sedikit membaca. Daripada kadang banyak membaca kalau tak diulang-ulang kadang gak cepat nyantol. Hehe.. big grin

Memang akhir-akhir menjelang UN, bahkan sejak awal kelas 3, kondisi ruangan kelasku tambah ramai, entah mengapa. Mungkin kita semua sudah merasa akhir sekolah dan berlagak bebas.

Ah,,, entahlah, itu mungkin godaan untuk menghadapi ujian nasional yang kurang dua minggu ini.

Aku harus menata lebih baik diriku sendiri dan pola belajarku, beberapa hari lagi ada tryout ketiga dan terakhir semoga hasilnya lebih baik lagi.

*do’aku semoga terkabul

Amin…

Published in #ndobos

2 Comments

  1. Alhamdulillah apik wi bijine.
    Aku malah durung ngerti bijiku. sad Lha aku iyo lali nek arep ngekekne suratte neng wong tuwo.

    • Tibakne nilaiku mudun 0,48 sad.
      Alhamdulillah, happy

      Ayoh lanjut kurang H-7 iki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *